Selasa, 05 Juni 2012

The Healing Wars I: The Shifter - Janice Hardy



Kembali lagi ke fantasi murni. Di sini tak ada werewolf, peri, bahkan vampir. Tokohnya remaja, tapi sama sekali tak ada kisah cinta kawula muda.

Nya, lima belas tahun, mesti bekerja keras demi bisa makan, sementara adiknya, Tali, hidup enak di Healers’ League—akademi khusus penyembuh. Nya tak bisa dapat keistimewan serupa, karena Nya bukan Healer walau sesungguhnya bakat itu mengalir dalam keluarga; Grannyma dan Mama bahkan merupakan Healer terkemuka sebelum terjadinya perang yang akhirnya merenggut nyawa mereka.




Para Healer di sini gunanya buat menyembuhkan rasa sakit. Dari memar kecil, hingga patah tulang. Mereka itu kayak dokter tanpa obat. Satu-satunya yang menjadi keunggulan adalah, Healer menarik rasa sakit lalu memasukkannya ke dalam sebuah benda berbentuk tongkat, bernama pynvium. Orang-orang yang bisa menarik rasa sakit itu disebut Taker.

Nya adalah Taker, tapi bukan Healer. Dia bisa menarik rasa sakit, tapi tak bisa merasakan pynvium dan mendorong rasa sakit ke dalam benda tersebut. Alih-alih, Nya bisa mendorong rasa sakit yang ditariknya itu ke dalam tubuh orang lain. Itulah yang membuatnya tak bisa masuk League. Bukannya League menolak dia, tapi kemampuan seperti yang dimiliki Nya ini dianggap tidak normal dan berbahaya. Konon, para Taker tidak normal ini dijadikan senjata oleh sang Duke yang memimpin Three Territories.






Nah, Three Territories ini terdiri dari pulau Geveg, pulau Verlatta, dan pulau Sorille. Dulu pulau-pulau itu hidup rukun dan damai. Tapi suatu hari, di sebuah pulau bernama Baseer yang letaknya di luar Three Territories terjadi perebutan kekuasaan. Sang Duke yang kemudian berkuasa di sana ternyata tamak dan kemudian malah menguasai Sorille dan Geveg, alasannya karena kedua pulau itu penuh dengan tambang pynvium. Geveg dijajah Baseer, penduduk asli Geveg jadi miskin. Salah satunya Nya dan Tali.

Selama ini Nya dan Tali menyembunyikan kekuatan Nya, karena mereka takut kenapa-kenapa. Tapi suatu hari, ketika sedang mencoba mencuri telur di sebuah peternakan, Nya tak sengaja melakukan shifting—memasukkan rasa sakit orang ke tubuh orang lain. Perbuatan itu disaksikan oleh dua anak magang League. Tak lama, berita itu menyebar, membuat Nya harus terus berhati-hati, karena dia jadi incaran orang-orang di League. Kemudian terjadilah hujan badai yang menenggelamkan dua kapal feri dan memakan korban jiwa. Kejadian itu berlangsung di depan Nya, dan karena kebaikan hatinya, Nya pun ikut menolong dengan menarik semua rasa sakit itu. Sayangnya, perbuatan itu tercium beberapa pria misterius.

Tak lama setelah itu, banyak siswa League yang menghilang. Tongkat pynvium kehabisan stok, padahal banyak orang yang butuh disembuhkan. Lalu Nya dikejutkan dengan berita bahwa Tali turut menghilang. Bikin Nya harus mencari Tali walau nyawanya sendiri terancam bahaya. Namun selagi mencoba menyelamatkan Tali, Nya tak sengaja membongkar sebuah konspirasi yang membuat Geveg, Verlatta, Sorille, dan Baseer sendiri rugi besar. Melibatkan orang-orang ternama dan berkuasa. Meliputi keberadaan pynvium yang persediaannya kian menipis.

Tapi yang paling mengejutkan dari itu semua, Nya juga tak sengaja menyingkap misteri tentang hal yang paling tak dia duga sebelumnya. Kekuatannya sendiri.

Kekuatan-kekuatan baru itu muncul. Nya tak pernah menduga atau mengantisipasinya. Karena kekuatan seperti yang dia miliki tak muncul selama bertahun-tahun lamanya.Dan sayangnya kekuatan itu malah membuat sang Duke semakin ingin memiliki Nya. Nah, apakah kekuatan ituuu?

Baca saja.
Suka banget buku ini. Awalnya baca karena direkomendasiin Zaizai. Lalu suatu penerbit menawariku untuk menerjemahkannya (walau sampai saat ini belum ada kabar terbitnya :P). Tapi aku memang suka ceritanya. Tokoh utamanya keren; Nya gadis tegar, walau agak ceroboh, namun penuh tekad. Plotnya juga cepet. Twist-nya oke :D
Dunia yang dibuat Janice Hardy di sini baru banget buatku. Sebuah tempat tanpa dokter atau tabib. Tempat di mana para penyembuh adalah hal paling mulia. Dan ide tentang pynvium itu keren. Dan yang paling bikin tentu tentang kekuatan Nya.

Seri ini ada tiga buku: The Shifter, Blue Fire, dan Darkfall. Aku sudah beres baca Blue Fire. Dan belum sempat bikin reviewnya. Yang pasti aku makin suka :D 


3 komentar :

  1. covernya bagusss...ceritanya jg unik. Moga2 cepet diterbitkan terjemahannya :)

    BalasHapus
  2. Iya ceritanya bagus dan unik mbak. :D
    Amin... ^^ semoga cepet terbit

    BalasHapus
  3. kalo mau beli buku ini yg versi inggris juga gapapa, dimana ya ????

    BalasHapus