Sabtu, 26 November 2011

Sang Bintang: Starring Tracy Beaker

Yay ini buku Jacqueline Wilson ketujuh yang kubaca. Harusnya sih ini ada buku pertamanya, tapi ternyata ceritanya ga nyambung sama sekali. Dan seperti buku-buku Madam Jacki lainnya, buku ini bikin trenyuh. Walau ditulisnya dengan gaya penuh semangat, tetap saja mataku berkaca-kaca pas bacanya.

Sinopsis:
Tracy Beaker ingin sekali ikut bermain dalam drama di sekolahnya, A Christmas Carol, yang akan dipentaskan pada Hari Natal. Anak yang susah diatur ini mengira ia tidak bakalan kebagian mendapat peran, bahkan untuk menjadi anak gelandangan yang nakal sekalipun. Tapi lalu ia dipilih untuk menjadi pemeran utama.
Bisakah ia memerankan Ebeneezer Scrooge yang penggerutu dan pemarah?
Yah, ia mendapat sedikit bantuan dari Justine si Sangat-Menyebalkan Littlewood... Sementara Tracy mempersiapkan diri, Cam menolongnya menghafal dialognya. Tapi ia benar-benar ingin tahu apakah ibunya yang bintang film akan bisa datang dari Hollywood tepat pada waktunya untuk menontonnya bermain drama?


Sebenarnya ceritanya lebih dalam daripada seperti di synopsis. Tracy Beaker ini tinggal di panti asuhan tapi dia menyebutnya Tempat Pembuangan. Ibu Tracy adalah bintang Hollywood terkenal yang begitu sibuk hingga tak bisa merawat dirinya dan kemudian menitipkannya ke panti, atau begitulah kata Tracy. Suatu hari ada pemilihan drama natal di sekolah, Tracy berharap dia bisa ikut serta. Dan tak diragukan lagi dia terpilih sebagai pemeran utama. Tentu saja Tracy sangat senang, baginya ini adalah kesempatan untuk menunjukkan pada sang ibu bahwa dia bisa berakting. Dan karena dalam suratnya sang ibu berjanji akan datang ketika Natal, maka drama ini dia khusus tujukan untuk ibunya.


Lalu, ketika tiba saatnya membeli hadiah-hadiah natal, Tracy pun berbelanja bersama Cam, petugas sosial yang menemaninya di waktu-waktu libur. Seharusnya uang yang diberikan panti itu dipakai untuk membeli hadiah natal untuk teman-temannya, namun Tracy malah menghabiskannya untuk membeli hadiah ibunya. Tidak tanggung-tanggung, dia membeli 3 hadiah dan semua hadiah itu dia masukkan ke dalam 3 bungkus kado yang berbeda-beda dan kartu dengan gambar berbeda-beda, namun dengan isi pesan yang sama: dia ingin ibunya datang menonton drama sekolahnya.

Tapi sayang sekali, hari di mana dia menantikan ibunya datang, ternyata cuma harapan saja. Walau begitu Tracy tetap bermain dengan sangat bagus dan optimal.

Hiks sedih banget ketika semua bertepuk tangan buat penampilan Tracy yang memukau justru ibunya ga ada. Jadi ikutan nangis deh :’(
Lalu giliranku tiba. Aku berdiri di depan semuanya. Cam, Jenny. Mike, dan Elaine beridir lalu mulai bertepuk tangan. Miss Simpkins di pinggir panggung juga bertepuk tangan. Mrs. Darlow di bagian belakang aula juga bertepuk tangan terus. Para ibu dan ayah juga bertepuk tangan. Tapi mamaku tidak bertepuk tangan. Dia tidak di sini.
Tapi jujur, aku kagum dengan karakter Tracy Beaker ini. Dia penuh semangat dan selalu optimis, walau sedikit pemarah. :D
Dan walau ibunya ga datang, Tracy tetap sayang padanya dan yakin kalau kesempatan berikutnya ibunya pasti datang. Semoga!

Semua anak mencintai ibunya. Itu yang pasti. Walau kita sering berbeda pendapat, sering bertengkar dengan ibu kita, tentu kita tetap menyayangi beliau, bukan? Dan jangan pantang menyerah, terus optimis karena kesempatan baik pasti akan datang pada kita.

*tepuk tangan buat Tracy Beaker*

Tentang pengarang:



Jacqueline Wilson atau lebih dikenal dengan panggilan Madam Jacki adalah penulis buku anak-anak terkenal berkebangsaan Inggris. Dia lahir di Bath, Somerset pada 17 Desember 1945. Dia sangat gemar bercerita, ketika masih muda dia suka membuat boneka-boneka kertas untuk menjadi tokoh dalam ceritanya. Dia mulai menulis buku anak-anak ketika tahun 1973, sebagian besar tokohnya adalah anak perempuan yang memiliki masalah dalam kehidupan. Sampai saat ini Madam Jacki sudah menulis lebih dari 50 buku anak-anak, dan telah memenangkan banyak hadiah, salah satunya Children’s Book Award. Sebagian besar bukunya sudah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Judul: Sang Bintang
Judul Asli: Starring Tracy Beaker
Penulis: Jacqueline Wilson
Illustrator: Nick Sharrat
Penerjemah: Cecilia Dian Pratiwi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9789792243147


BTW, aku mengikutsertakan review ini dalam kontes “2011 End of Year Book Contest” yang diadakan oleh Okeyzz.

Memilih buku ini karena sesuai dengan syarat nomor 5, cover buku ini ada unsur warna merahnya. *lirik cover*

8 komentar :

  1. Indeed, ada warna merahnya. Haha.

    Wah, kamu koleksi buku-bukunya Madam Jacki dong~
    Bagus nih ceritanya, pasti banyak pesan moralnya ya :D

    BalasHapus
  2. kalau liat ripiu2nya buku madam jacki kerap kali isinya sedih, padahal klo liat covernya selalu meriah, bikin kepala bayangin ceritany yang ceria

    BalasHapus
  3. ini ada film seri nya di tipinya Oryz.. :D

    BalasHapus
  4. iya mbak bener... kukira buku2nya yang ceria gitu, ternyata tiap tokohnya punya permasalahan yang berat.

    BalasHapus
  5. buku2 madam jacki kebanyakan memang bagus kok :D
    coba deh baca, aku usul yang Lizzy Zipmouth... itu bagus... aku bacanya sampe nangis :'(

    BalasHapus
  6. woaaaa serius... di tivi apa mbak? aku pengen lihaaat. si Tracy Beaker kah? hihi. di buku ini aku suka ngucapin keras2 pas Tracy bilang "Bah, omong kosong." ;D ;D

    BalasHapus
  7. Tapi aku kok jarang lihat ada seluruh seri lengkap di TB ya? Kemarin aku cuma lihat ada satu-dua judul aja. Ini termasuk seri lama kah? Agak jarang ada di TB

    BalasHapus
  8. iya memang, bukunya sekarang kebanyakan ditaruh yang diskonan :'(
    Tapi katanya buku-buku baru Madam Jacki mau diterbitkan lagi :D

    BalasHapus